Bumisari Desa 1000 Curug

     Bumisari merupakan sutu desa yang berada di wilayah Purbalingga yang wilayahnya cukup luas dan keberadaanya yang ada di kaki Gunung Slamet. Selain letakanya yang strategis wiliyahah ini juga menyimpan berbagai keindahan alam yang berupa air terjun atau curug. Keberadaan curug di wilayah ini cukuplah banyak, namun banyak orang yang belum tahu atau faham atas adanya keindahan alam berupa curug ini. Kebanyakan warga mastarakat belum tau atas keberadaan daerah curug tersebut, alhasil keindahan alam itu jarang disambangi oleh kaki kaki kecil manusia.

    Bahakan sekalipun banyak diantaranya curug namun tiada satupun yang tau. Purbalingga memang kaya akan wisatanya baik yang sudah terkuak ataupun yang belum terkuak. maka halnya disini saya akan menguak beberapa wisata yang tersembunyi diantaranaya ya itu Bumisari ok sobat kita mulai!

    Yang pertama yang kalian harus tau dari desa Bumisari adalah curugnya yang luarbiasa banyak. dikabarkan bahwa akan ada pendanaan pemambangunan curug atau insfrastukturnya oleh infentas dari Korea namun baru kabar. yang sudah pasti disini warga masyarakat daerah telah membangun pariwisatanya melalui swadaya masyarakat bagi kalangan pemuda. hal ini membuktikan bahwa kepedulian masyarakat luas terhadap lingkunganya cukup apik dan baik. Dalam hal, ini pemerintah pun turuntanagan dalam pembangunan dengan cara meyetujui rancangan swadaya masyarakat namun halnya belum bisa memberikan dana berupa uang ataupun sumber daya manuia.

    Dalam perihalnya yang terlibat adalah tokoh masyarakat pemuda dalam pelaksaanaan pembangunan baik secara fisik maupun non fisik. dalam rekonstuksi saya mewawancarai salah satu masyarakat yang berperan akif dalam pembangunan kali ini niata saya untuk wawancara. " Kita memulai pembangunan curugnya tu kira kira awal oktober 2016 dan kalo rencana selesai kapan belum tau karena kita menggarapnya secara santai", ujar dari Narasumber. keterlibatan ini membuahkan hasil yang cukup baik buktinya kegiatan tersebut mendapat sambutan hanagat dari kalanagan masyarakat.

    Ada sekitar 10 lebih curug yang ada di desa bumisari misalnya curug pengantin, curug mangli, curug sawangan, curug duwur, dan lain sebagainya. bukan kabarnya lagi ada 3 curug yang akan digarap ataupun sudah digarap. yang saya tau curug mangli , curug duwur, sama curug sawangan. " Tujuan kami membangun atau mengolah curug ini agar desa bumisari itu dapat dipandaang tinggi di masyarakat luas dan menjadi salah satu ikon pariwisata kota Purbalingga" ujar dari salah satu Narasumber yang saya wawancarai. Hasil gambar untuk curug sawangan bumisariGAMBAR CURUG DUWUR
Hasil gambar untuk curug sawangan bumisariGAMBAR CURUG MANGLI

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »